Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gegara Macet, Presiden Jokowi Sindir Merek Kendaraan Jangan Jago Kandang

Presiden Jokowi resmikan Maung Pindad
Sumber :

100kpj - Presiden Jokowi mendorong para produsen kendaraan di Indonesia agar tidak jago kandang, alias meningkatkan ekspor. Sehingga bukan hanya mengkerek penjualan di dalam negeri, yang bikin jalanan semakin macet.

"Industri otomotif kita meningkat. Setiap tahun tumbuh sihnifikan, tahun 2022 meningkat 18 persen penjualan mobil 2022 tercatat 1,48 juta unit. Sepeda motor pertumbuhannya 3,3 persen meningkat di angka 5.221 juta unit," ujar Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 16 Februari 2023.

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor

Pertumbuhan penjualan kendaraan di pasar domestik tersebut membuat jalanan semakin sesak, alias macet. Hal itu terjadi di beberapa wilayah Indonesia, terutama di kota-kota besar.

"Akibatnya (penjualan kendaraan meningkat) lihat sekarang macet di mana-mana. Jakarta, Surabaya, Bandung, terakhir saya ke Medan macet," tuturnya.

Menurut Jokowi, agar populasi kendaraan di dalam negeri tetap terkontrol sesuai dengan infrastruktur jalanan yang ada saat ini, maka produsen atau pemegang merek kendaraan didorong untuk meningkatkan penjualan ke luar negeri.

"Supaya tidak macet saya mengajak industri otomotf untuk lebih berorientasi kepada ekspor, 2021-2022 dari 300 ribu kurang lebih, naik jadi 600 ribu. Tapi kita masih kalah sama Thailand," sambungnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic