Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Truk Sangar Ini Ikut Reli Dakar Pakai Zat Kimia

Gaussin H2 Racing Truck
Sumber :

100kpj – Ajang balap Reli Dakar dikenal sebagai salah satu kompetisi paling berbahaya di dunia. Sejak diadakan pertama kali pada 1978, sudah banyak peserta yang menjadi korban keganasan acara tersebut.

Keunikan dari Reli Dakar yakni bisa diikuti oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Mulai dari mobil, sepeda motor hingga truk. Medan yang dilalui juga beragam, dari tanah hingga padang pasir.

Panitia juga sempat mengubah rute lomba, karena risiko keamanan di beberapa negara yang dilewati. Meski awalnya diadakan dari Paris, Prancis menuju Dakar di Senegal, namun sejak 2020 acara hanya diadakan di wilayah Arab Saudi saja.

Setiap kendaraan harus dibekali dengan perangkat Global Positioning System atau GPS, supaya peserta bisa mengetahui titik yang harus dituju. Ajang ini memakan waktu beberapa hari, dan per etape pembalap harus menempuh jarak sekitar 1.000 kilometer.

Dilansir dari Carscoops, Rabu 10 November 2021, perusahaan Gaussin Group yang bergerak dalam bidang energi baru saja menyelesaikan proses pembuatan truk balap, yang akan digunakan di Reli Dakar 2022.

Kendaraan bongsor tersebut diklaim sangat ramah lingkungan, karena menggunakan listrik sebagai energi penggeraknya. Unit yang disiapkan telah dibekali dua baterai yang masing-masing bisa menyimpan daya 82 Kilo Watt hours.

Energi listrik dari baterai kemudian disambungkan ke dua motor listrik, yang memiliki tenaga total 804 daya kuda. Besarnya torsi membuat truk itu bisa melaju hingga kecepatan 140 kilometer per jam.

Berita Terkait
hitlog-analytic