Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lombok Bakal Diserbu Ribuan Bikers, Ada Apa Gerangan?

Streetscape Mandalika
Sumber :

100kpj – Ribuan bikers akan menyerbu Lombok, Nusa Tenggara Barat, dari tanggal 22 hingga 25 Juli 2019. Para penggila motor ini akan mengikuti Jambore Nasional Ikatan Motor Indonesia (IMI). Diperkirakan paling tidak ada 2.500 bikers se-Indonesia akan berkumpul di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram.

Terpilihnya Lombok sebagai lokasi pertemuan para bikers ini juga sekaligus sebagai upaya pemulihan pariwisata Lombok pasca gempa 2018. Ketua IMI NTB, M Nur Haedin, menjelaskan IMI memang punya program yang mendukung pariwisata, sehingga dengan datangnya ribuan bikers diharapkan mampu mempromosikan kembali pariwisata Lombok pascagempa.

"IMI pusat melihat Lombok punya geliat pariwisata bagus sekali. IMI memiliki program berkaitan pariwisata. NTB menjadi pilihan karena tahun lalu ada bencana gempa sehingga mengganggu sektor pariwisata. IMI membantu recovery (pemulihan) pariwisata," kata Nur di Mataram.

Acara puncak dalam pertemuan bikers tersebut dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, yang saat ini tengah bersiap menyambut pergelaran event MotoGP 2021. "Puncaknya di KEK Mandalika karena ada pesan strategis bahwa Mandalika naik daun karena event MotoGP," jelasnya.

Para bikers juga ditekankan yang memiliki akun media sosial dengan jumlah follower ribuan, sehingga dapat mempromosikan wisata di Lombok. Ketua Panitia Acara, Faurani Sibawai, menambahkan acara itu juga akan diwarnai bazar aneka kuliner khas Lombok, festival musik, bakti sosial hingga penanaman pohon.

"Jamnas IMI momen paling pas buat NTB. Output juga dinikmati masyarakat dengan datangnya ribuan bikers," paparnya.

Agus Panca selaku Sekretaris IMI NTB, acara tersebut juga ditangkai dengan acara time rally yang diikuti 50 tim. Selain itu bikers se-Indonesia yang datang di Lombok wajib menanam pohon di Lombok. "Semua biker mempunyai kewajiban menanam satu bibit pohon," ucapnya.

Pada acara puncak akan digelar touring merah putih dari Kota Mataram menuju Mandalika, Lombok Tengah. Ribuan bikers akan terbagi melewati empat rute. Masing-masing rute adalah rute bypass, Sekotong Lombok Barat, Sembalun Lombok Timur dan tengah kota Lombok Tengah.

"Kita berharap mereka akan berkunjung kembali di NTB. Kita bekerjasama dengan travel agen untuk menawarkan harga khusus ke Lombok," ungkapnya.

Koordinator Acara, Taufan Ardiansyah, juga menitip pesan bahwa acara tahunan ini sekaligus mengundang klub motor lainnya untuk bergabung.

Berita Terkait
hitlog-analytic