Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dari Mana Awalnya Muncul Istilah ‘Motor Bebek’ di Indonesia?

Motor Bebek di Pabrik
Sumber :

100kpj – Kendati penggunanya sudah tak sebanyak dulu lagi, namun motor bebek sempat menggoreskan sejarah manis di pasar otomotif Indonesia. Kala itu, pabrikan berlomba-lomba meluncurkan model baru di segmen tersebut, hingga dengan mudah kita menemukan unitnya berlalu lalang di jalan raya maupun pemukiman warga.

Di masanya, penjualan bebek sangat tinggi karena dikenal gesit dan irit bahan bakar. Selain itu, tampilan motor yang ramping juga dinilai lebih keren dan nyaman saat bermanuver di lintasan sempit maupun ramai. Meski sempat populer, tak banyak orang yang mengetahui, mengapa tunggangan tersebut dinamai ‘bebek’?

Baca juga: Terancam Punah, Cuma Orang Desa yang Mau Beli Motor Bebek

Sebenarnya, motor bebek memiliki nama asli ‘moped’. Namun di beberapa negara, motor itu punya julukannya masing-masing. Misalnya di Singapura dan Malaysia yang lebih dikenal dengan sebutan 'kapchai' atau motor mungil. Sedang di Barat, bebek kerap disebut ‘underbone’.

motor bebek murah

Menurut laman Wikipedia, dikutip Selasa 3 Maret 2020, motor bebek sendiri diartikan sebagai kendaraan kecil yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri dari sebuah pipa berdiameter besar. Itulah mengapa, di Eropa desain itu disebut dengan 'step-through'.

Nah, pemilihan 'bebek' jadi nama model sepeda motor tersebut, diperkirakan karena bentuknya. Sebab ketika disejajarkan dan diamati dari samping, bentuk lekukan motor itu memang menyerupai tubuh bebek. Mulai dari kepala, tengah, hingga ke ekor.

Berita Terkait
hitlog-analytic