Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengapa Rem Cakram Motor Dibuat Berlubang?

Rem Cakram Motor
Sumber :

100kpj – Saat ini, hampir seluruh kendaraan roda dua dibekali sistem pengereman cakram atau disc brake. Kebanyakan, rem tersebut diletakkan di bagian depan roda. Namun, tak sedikit juga pabrikan yang membekali sepeda motornya dengan rem bercakram ganda.

Kendati rem cakram memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, akan tetapi seluruhnya memiliki cela atau lubang-lubang kecil di permukaannya. Ternyata, bolongan membulat tersebut bukan dibuat untuk keperluan estetika saja, melainkan ada fungsi khusus dan vital yang belum banyak diketahui pemilik kendaraan. Lantas, apa itu gerangan?

Baca juga: Bikin Bertanya-tanya, Gimana Cara Taruh Mobil di Showroom Lantai Atas?

General Manager After Sales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM, Muhammad Abidin mengungkapkan, lubang-lubang yang terdapat pada rem cakram berfungsi untuk mengurangi panas logam saat pengereman dilakukan berulang kali.

"Rem cakram itu pasti juga akan menghasilkan panas kalau terus digesek, panas ini juga butuh pelepasan. Nah, fungsi lubang itu untuk pelepasan panas saat mengerem," ujar Abidin kepada VIVA.co.id, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

rem cakram motor

Tak hanya berfungsi melepas panas, lubang pada rem cakram juga bertujuan mencegah kotoran menempel pada sambungan kampas rem dan disc brake. Jadi, saat ada debu atau kotoran, hanya menempel pada lubang tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic