Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Alasan Mengendarai Mobil Matik Hanya Perlu Satu Kaki

Ilustrasi transmisi mobil matik
Sumber :

100kpj – Mengendarai mobil dengan transmisi matik umumnya hanya mengandalkan kaki kanan. Satu kaki itu bertugas untuk mengoperasikan pedal gas, dan pedal rem. Lain halnya ketika mengendarai mobil bertransmisi manual.

Untuk transmisi manual, penggendara butuh dua kaki. Di mana kaki kanan berfungsi untuk menekan pedal gas dan rem, sedangkan kaki kiri untuk mengoperasikan kopling. Artinya secara sistem kerja lebih simpel mobil matik.

Maka tidak heran jika warga perkotaan kerap memilih mobil tanpa gigi untuk mobilitasnya sehari-hari, karena untuk mengurngi resiko pegal saat kondisi jalan macet. Lantas kenapa mengendarai mobil matik hanya menggunakan satu kaki?

Menurut beberapa sumber yang dikutip 100KPJ, jika kaki kiri ditugaskan menekan pedal rem layiknya mengoperasikan pedal kopling, akan berbahaya. Daya tekannya lebih besar yang bisa mengakibatkan mobil berhenti mendadak.

Sehingga kaki kanan menjadi pilihan yang tepat untuk menekan pedal rem, sama seperti halnya saat mengendarai mobil transmisi manual. Kaki kiri hanya mengatur pedal kopling, sedangkan kaki kanan yang mengatur rem, dan gas.

Terkait posisi kaki kiri yang tidak digunakan saat mengendarai mobil matik, ternyata ada posisi yang tepat. Artinya bukan berarti kaki kiri bisa Anda letakkan sesuka hati, sebab akan berbahaya jika posisinya tidak tepat saat berkendara.

Berita Terkait
hitlog-analytic