Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Mau Dikibulin Pedagang, Perhatikan Ini Sebelum Beli Motor Bekas

Deteksi Oli Tercampur Air
Sumber :

100kpj – Bagi konsumen yang ingin memiliki sepeda motor namun dana terbatas, membelinya dalam kondisi bekas pakai bisa menjadi opsi. Kendati begitu, proses transaksinya tak boleh dilakukan asal. Sebab jika tak teliti, kendaraan yang terlihat baik-baik saja ternyata mengalami kerusakan di beberapa bagian.

Technical Service Analyst Astra Motor Jakarta, Rangga Noviar mengatakan, saat membeli motor bekas, sebenarnya konsumen tak mengetahui secara utuh mengenai kondisi komponen pada kendaraan. Sebab, ada beberapa bagian yang sengaja ‘dipoles’ supaya terlihat mulus.

"Kita enggak tahu saat beli motor bekas itu, komponen masih bagus dan masih asli. Asli pun belum tentu bagus, dan bagus juga belum tentu masih asli," ujarnya, seperti dikutip VIVA, Selasa 4 Agustus 2020.

Pedagang Motor Bekas

Lantas, jika komponen motor bekas dalam kondisi haus, biasanya akan timbul suara berisik pada mesin. Sebab, dimensinya sudah tidak sesuai dengan standar pabrikan. Artinya, motor telah melebihi jadwal servis atau pemeriksaan komponen.

"Nah untuk menghindari kondisi bunyi kasar itu dipakailah oli dengan tingkat kekentalan lebih tinggi, supaya lapisan oli itu bisa dengan maksimal melumasi komponen-komponen tersebut," tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic