Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Berkendara Saat Puasa Agar Tidak Emosi di Tengah Penerapan PSBB

Ilustrasi bau apek mobil bekas banjir

100kpj – Beberapa wilayah di Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi mencegah penyebaran virus corona atau covid-19. Dengan adanya aturan tersebut ruang gerak masyarakat di luar rumah semakin dibatasi.

Termasuk saat menggunakan kendaraan pribadi. Untuk pengguna mobil sedan dengan konfigurasi kursi 4 penumpang dewasa hanya dibolehkan mengangkut 3 orang. Terdiri dari satu pengemudi, dan dua penumpang di kursi belakang.

Sedangkan mobil dengan kapasitas 7 penumpang yang rata-rata berjenis Multi Purpose Vehicle hanya dibolehkan membawa 4 penumpang. Dengan formasi, 1 pengemudi di depan, 2 penumpang di bangku baris kedua, dan 1 orang baris ketiga.  

Interior All New Nissan Serena 2019

Berbeda dengan Angkutan Umum alias angkot, jika sebelumnya bisa mengangkut hingga 12 penumpang, namun selama PSBB maksimal hanya 6 orang. Selain itu, pengguna atau penumpang kendaraan roda empat juga wajib mengenakan masker.

Khusus bagi pengguna mobil yang masih melakukan aktifitas di tengah penerapan PSBB, tentunya perlu memerhatikan kondisi fisik. Sebab berkendara di bulan puasa akan dirasa berbeda, mengingat tubuh tidak memiliki asupan sejak pagi hari.

Dengan kondisi tersebut, emosi akan sulit diatur terlebih saat mengendarai mobil. Seperti kejadian di Bogor, Jawa Barat yang tengah viral. Di mana pengendara mobil adu mulut saat diberhentikan petugas karena melanggar aturan PSBB.

Berita Terkait
hitlog-analytic