Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Meninggalkan Mobil di Rumah Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Ilustrasi Asuransi Mobil
Sumber :

100kpj – Berbagai moda transportasi umum akan lebih sibuk saat libur natal dan tahun baru. Karena beberapa orang memilih pesawat, kereta api atau kapal laut sebagai alat transportasi saat berlibur, dari pada menggunakan mobil pribadi.

Mengingat mobil pribadi ditinggal berlibur, maka ada beberapa tips yang wajib diperhatikan agar mobil Anda tetap aman. Salah satu yang kerap dilakukan adalah melepas kabel aki, agar mobil tersebut tidak bisa dihidupkan oleh maling.

Selain itu tujuan aki dilepas agar tidak drop saat mobil tersebut hendak dihidupkan kembali. Tapi cara tersebut tidak dibenarkan, karena ada beberapa mobil yang membutuhkan kelistrikan karena dilengkapi alarm atau immobilizer.

Bahkan saat sumber kelistrikan dicabut, ada beberapa sensor yang akan terganggu. Hal itu disampaikan langsung oleh Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi. Menurutnya ada beberapa mobil yang tidak bisa dicabut akinya.

"Kalau Avanza, throttle akan ke reset. Camry, throttle dan power window. Biasanya saat idle rpm jadi lebih rendah (efek throttle) otomatis mesin getar dan mudah mati. Makannya kalau kondisi aki masih bagus, jika ditinggal satu minggu enggak perlu lepas," ujarnya kepada 100KPJ, Rabu 11 Desember 2019.

Sementara menurut Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, melepas aki memang dianggap dapat meminimalisir dari pencurian, tapi data mobil akan terhapus. Maka perhatikan terlebih dahulu, berapa lama mobil tersebut tidak menyala.

Berita Terkait
hitlog-analytic