Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Anggap Remeh, Suspensi Motor juga Butuh Diperhatikan

peredam kejut atau shockbreaker

100kpj – Suspensi atau yang akrab disebut sokbreker punya fungsi yang penting pada sepeda motor, salah satu fungsi suspensi yang bisa dirasakan oleh pengendara, dapat mengurangi merasakan guncangan.

Peran suspensi sangat penting terutama di jalan kurang bagus, seperti jalan gelombang, jalan berlubang, jalan berbatu. Kemajuan teknologi di dunia sepeda motor, turut berpengaruh dalam pengembangan kualitas suspensi agar para pengendara semakin nyaman dalam berkendara.

Beberapa model suspensi menggunakan  peredam dengan menggunakan oli, sebagai bantalan penahan guncangan. Jadi untuk mengurangi guncangan tidak hanya spring atau per saja, tetapi ada bantuan dengan oli juga, supaya penahan guncangan bisa lebih empuk atau pengendara lebih nyaman.

Menurut Muslian, Manager Aftersales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers menjelaskan bahwa, suspensi berperan penting pada sepeda motor, sebagai peredam kejut yang menahan guncangan sehingga memberikan kenyamanan saat aktivitas berkendara. 

Suspensi Sepeda Motor

"Karenanya pengguna motor perlu mengenal jenis dan manfaatnya, serta perawatannya sehingga makin menunjang kegiatan berkendara yang lebih maksimal. Untuk itu kami memberikan beberapa penjelasan yang sekiranya dapat bermanfaat bagi konsumen,” tambah Muslian.

Saat ini jenis suspensi terutama bagian depan sudah mulai beragam sesuai dengan perkembangan terkini, ada yang modelnya suspensi teleskopik dan suspensi upside down. 

Berita Terkait
hitlog-analytic