Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dibuat Mirip Xpander, Ternyata Begini Rasanya Mesin dan Suspensi Mitsubishi XForce

Mitsubishi XForce
Sumber :

100kpj – Mitsubishi XForce merupakan produk baru Mitsubishi Motors di pasar global, untuk segmen SUV kompak 5-penumpang. Mobil tersebut adalah wujud nyata dari XFC Concept yang diproduksi di Indonesia.

Artinya Mitsubishi XForce merupakan model kedua yang diproduksi lokal, setelah Xpander pada 2017 lalu. Bahkan mesin, dan sektor kaki-kaki mobil tersebut serupa, namun ada beberapa penyesuaian.

Mitsubishi XForce

Melihat spesifikasinya di atas kertas, awalnya mengira sensasi berkendara XForce akan sama dengan Xpander, namun saat 100kpj mencobanya di Proving Ground Brisgestone, Karawang Jawa Barat, cukup berbeda.

Enjin yang bersarang di dalam XForce serupa dengan Xpander, yaitu MIVEC empat silinder kapasitas 1.499cc DOHC dengan tenaga maksimal 102,5 dk di 6.000 rpm, dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm.

Meski dibuat mirip, namun tarikan awal SUV berlogo tiga berlian itu sedikit lebih responsif, dan uniknya walaupun pakai transmisi matik CVT, dari putaran bawah ada sensasi perpindahan gigi yang sangat halus.

Perpindahan gigi kami rasakan ketika mengajak XForce berjalan dari kondisi diam dengan menginjak pedal gas secara penuh, sampai 130 kpj (km per jam). Posisi drive mode yang tersedia dalam 4 pilihan, berada di normal. 

Berita Terkait
hitlog-analytic