Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Posisi Jari Tangan yang Benar saat Naik Motor, Bisa Bahaya Kalau Salah

Posisi jari tangan yang benar naik motor
Sumber :
DAM

100kpj – Sepeda motor menjadi alat transportasi paling digemari di Indonesia. Harganya terjangkau, membuat siapa saja mudah memilikinya. Maka tidak heran, jika setiap tahun penjualan kendaraan roda dua itu tembus jutaan unit.

Meski tergolong mampu membeli motor, namun tidak semua penggunanya paham cara berkendara yang benar. Sehingga cukup banyak kasus kecelakaan di jalan raya yang melibatkan pemotor karena kesalahan diri sendiri.

Baca juga: Solusi Atasi Kampas Rem Motor yang Cuma Habis Sebelah

Pengendara Motor Mengantuk

Padahal teknik dasar dalam berkendara wajib dikuasai. Salah satunya soal sistem kemudi, antara pengendara dengan sepeda motor. Fungsinya untuk mengendalikan arah motor sehingga sesuai kehendak pengemudi.

Selain itu mengatur postur atau posisi berkendara yang akan mempengaruhi kenyamanan, dan keamanan. Mulai dari jarak aman antara tangan dengan setang, posisi jari saat mengengam handgrip, hingga pandangan mata.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (jaringan diler Honda), Ludhy Kusuma mengatakan, pengendara motor harus memastikan seluruh postur tubuh ketika berkendara cukup baik, dan ideal untuk kenyamanan.

Berita Terkait
hitlog-analytic