Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini 'Senjata' Pemotor Kala Musim Hujan

Berkendara Motor Hujan
Sumber :

100kpj – Sebagian wilayah di Indonesia belakangan ini diguyur hujan dengan intensitas yang berbeda-beda disetiap daerah, sebagai pemotor yang melakukan aktivitas sehari-hari dengan menggunakan sepeda motor, harus mempersiapkan perlengkapan untuk berkendara pada musim hujan. 

Menurut Manager Safety Riding PT Astra honda Motor (AHM) Johanes Lucky, pemilihan perlengkapan bikers dalam menghadapi hujan tentu akan mendukung keselamatan dan keamanan berkendara. Beberapa perlengkapan bikers saat hujan, secara fungsi pasti dapat terpenuhi, namun kita perlu lebih cermat lagi dalam memilih jenis dan desain dari perlengkapan-perlengkapan tersebut.

“Kecermatan kita sebagai bikers dalam memilih perlengkapan mengendarai sepeda motor saat hujan tentu akan semakin mendukung kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Pemilihan warna, desain, dan jenis bahan dapat menjadi pertimbangan agar kita tetap saling menjaga keselamatan berkendara di jalan,” ujar Lucky.

Lucky menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bikers saat memilih maupun menggunakan perlengkapan mengendarai sepeda motor saat hujan, seperti jas hujan. Disarankan untuk memlilih jenis jas hujan model outfit atau setelan bagian bawah dan atas yang terpisah. 

pemotor hujan

Dengan memilih model ini, dapat membuat pengendara bebas bergerak dan menghindari potensi bagian jas hujan tersangkut di sepeda motor atau pengguna jalan lain. Pilihan warna yang cerah lebih disarankan agar memudahkan pengguna jalan lain mengidentifikasi kita sebagai pengendara. Penggunaan sticker reflective pada jas hujan juga disarankan apabila jas hujan anda berwarna gelap.

Selain jasi hujan tentu arung tangan merupakan salah satu piranti dalam keselamatan berkendara yang penting, karena fungsinya untuk melindungi area tangan dengan tetap menjaga kemampuan pengendalian sepeda motor. 

Berita Terkait
hitlog-analytic