Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaki Selonjoran di Dasbor Enak, Tapi Bisa Bikin Menyesal

Kaki Selonjoran
Sumber :

100kpj – Perjalanan jauh dengan menggunakan mobil memang bisa membuat badan pegal-pegal terutama pada bagian kaki, makanya untuk menghilangkan pegal biasanya penumpang di sebelah sopir suka selonjor kaki ke dasbor.

Bagi sebagian orang menyelonjorkan kaki ke dasbor bisa membuatnya rileks, dan dapat membuatnya nyaman. Karena menyelonjorkan kaki lurus merupakan salah satu posisi ternyaman untuk rileks. Apalagi ditambah dengan menurunkan jok, sehingga badan bisa tambah rileks.

Namun, perilaku menyelonjorkan kaki ke dasbor bisa membuat penumpang berpotensi mengalami cidera berat, terutama pada mobil yang dilengkapi airbag pada bagian depan penumpang.

Tentunya airbag akan akan mengembang secara instan dengan memerlukan tenaga yang cukup besar untuk mengembang. Itulah alasan ada sebuah ledakan mikro yang terjadi seperti yang sudah disebutkan. Ledakan ini tidaklah destruktif dan sangat terkontrol sehingga tidak perlu khawatir.

Kaki Selonjoran di Dasbor

Seperti dilansir dari laman resmi Hyundai Indonesia, bila tidak ada objek apapun yang menghalangi dasbor, maka tidak akan ada masalah yang terjadi, airbag akan mengembang untuk melindungi penumpang dari benturan keras.

Bila ada objek di bagian dasbor seperti kaki yang diselonjorkan, maka bisa fatal bia airbag mengembang. Kekuatan airbag akan mendorong kaki melawan arah engsel lutut. Dengan itu, maka kaki bisa dipastikan akan mengalami deformasi yang berbahaya. 

Berita Terkait
hitlog-analytic