Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lorenzo Lebih Pilih Balik ke Yamaha, Ini Kata Honda

Jorge Lorenzo
Sumber :

100kpj – Jorge Lorenzo membuat sedikit kejutan jelang bergulirnya MotoGP 2020, di akhir Januari lalu. Pembalap asal Spanyol itu memutuskan untuk kembali bergabung dengan Yamaha sebagai pembalap penguji.

Bergabungnya Lorenzo dengan Yamaha memang sudah menjadi kabar lama, sejak dirinya mengumumkan pensiun sebagai pembalap. Yamaha sendiri bukan tim yang baru bagi seorang Lorenzo.

Baca Juga:
Habiskan Rp1,16 Triliun, Muncul Petisi Minta Anies Batalkan Formula E

Usai Tes Sepang, Marquez Akui Masih Belum Siap Balapan

Eks pembalap Ducati itu itu memulai kariernya di MotoGP bersama Yamaha pada 2008. Bersama Yamaha, Lorenzo sukses meraih tiga gelar juara dunia MotoGP.

Pembalap berusia 32 tahun itu akhirnya pindah ke Ducati pada 2017, dan kemudian memperkuat Repsol Honda di 2019. Sayangnya, prestasi Lorenzo bersama Honda kurang baik hingga dia memutuskan untuk pensiun.

Dengan bergabungnya Lorenzo ke Yamaha, Honda cukup memaklumi hal tersebut dan menghormati segala keputusannya. Walaupun, dia hanya turun sebagai pembalap penguji saja, dan berpeluang turun jika mendapat wildcard.

"Kami menyepakati kontrak dua tahun, tapi saat ia (Lorenzo) bilang dia ingin berhenti, ingin memulihkan fisiknya karena tak mau menyakiti dirinya lagi, dan sudah tak termotivasi untuk membalap, tentu kami hanya bisa bilang, 'oke, jika kamu ingin berhenti, silakan'," kata manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig.

"Di Valencia, sudah jelas dia ingin berhenti, itu sebabnya dia membuat pernyataan resmi. Namun kemudian dia memilih kembali membalap. Dari sudut pandang Honda, semua orang bebas melakukan apapun yang ia mau dalam hidupnya, dan kami menghormatinya. Jika beberapa bulan kemudian dia berubah pikiran dan mendapat kesempatan (dengan Yamaha), kami pun turut bahagia. Jadi jika ia memang berpikir demikian, Honda menghormatinya dan kami berharap dia bahagia menjalani hidupnya," paparnya, seperti dikutip Crash.

Lorenzo telah mengendarai motor Yamaha pada MotoGP shakedown test, di Sirkuit Sepang, Malaysia 2-4 Februari dengan menunggangi YZR-M1. Yamaha juga memastikan Lorenzo akan tampil dalam Tes IRTA dan beberapa tes privat Yamaha sepanjang 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic