Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kini Ada Simanja, Layanan SIM Khusus Wanita dan Lansia

Pelayanan loket SIM khusus wanita

100kpj – Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura memberikan waktu pelayanan khusus bagi kaum perempuan hingga lanjut usia (Lansia) yang ingin memperpanjang surat izin mengemudi atau SIM. Layanan ini diberi nama simanja.

"Pelayanan yang kami beri nama SIM Khusus Untuk Wanita dan lanjut usia (Simanja) ini merupakan salah satu kebijakan yang diambil oleh kepolisian di Papua dalam rangka melakukan pelayanan khusus bagi pemohon perpanjangan SIM dari kaum perempuan dan Lansia,” kata Kasat Lantas Polres Jayapura Ajun Komisaris Polisi (AKP) Andika Temanta Purba, Kamis, 1 Oktober 2020.

Menurut dia, program Simanja ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan pembangunan zona integritas Polres Jayapura yang pada tahun 2018 sudah meraih predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

Kemudian pada tahun 2020, kami mengajukannya kembali setelah mendapat persetujuan dari Polda Papua untuk mewakili Polres yang pertama kali meraih predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Guna mendukung Satpas (Satuan Administrasi Penerbitan) SIM Poltes Jayapura ini, beberapa inovasi telah dilakukan di berbagai fungsi salah satunya program Simanja.

Surat Izin Mengemudi

“Simanja ini adalah SIM khusus untuk perempuan dan lanjut usia. Jadi di Satpas sekarang ada loket khusus bagi perempuan dan Lansia,”ujarnya.

Dalam pelayanan Simanja ini, Satlantas Polres Jayapura juga menyiapkan parkir khusus bagi mereka yang ingin memperpanjang SIM sehingga proses pembuatanya lebih cepat dengan adanya loket tersendiri kepada perempuan yang harus melakukan pekerjaan rumah tangganya dan terkadang tidak memiliki waktu luang.

Berita Terkait
hitlog-analytic