Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Yakin Aturan Mudik Ini Bisa Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona?

Bus Antar Kota
Sumber :

100kpj – Penyebaran virus corona masih belum usai, bahkan di Indonesia penyebaran virus yang berasal dari Wuhan China ini masih merajalela. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar melakukan akivitas dari rumah, untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 ini.

Namun imbauan pemerintah untuk melakukan kegiatan di dalam rumah bagi masyarakat, akan menemukan tantangan besar. Pasalnya beberapa bulan kedepan, masyarakat Indonesia akan melakukan tradisi mudik, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Jalan Tol Cikampek Macet

Nah, untuk meminimalisasi penyebaran virus corona, pemerintah terus melakukan berbagai kebijakan ketat bagi masyarakat yang tetap melaksanakan mudik, salah satunya mengimplementasikan jaga jarak fisik di kendaraan umum. 

Hal tersebut akan berdampak pada berkurangnya jumlah penumpang kendaraan seperti bus yang di gunakan untuk mudik, dan naiknya tarif. "Transportasi umum dan pribadi diperlukan untuk mengimplementasikan jaga jarak fisik. Seperti untuk kendaraan umum, menaikkan harga tiket angkutan umum. Misalnya, bus berkapasitas 50 hanya dapat menampung 25 orang, itu harga tiketnya dinaikkan," ungkap Ridwan Djamaluddin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi (Marves) Ridwan Djamaluddin dikutip dari Vivanews.

Lebih lanjut Ridwan menambahkan bahwa untuk kendaraan pribadi, kapasitasnya penumpangnya harus dikurangi, setengah dari total kapasitasnya. Sementara untuk yang mudik menggunakan sepeda motor, tidak boleh membonceng orang. "Nantinya tindakan ini akan diberlakukan secara ketat oleh polisi lalu lintas, dan Kementerian Perhubungan," tambahnya.

Mudik naik motor.
Berita Terkait
hitlog-analytic