Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Unik, Wakil Presiden Malah Dorong MUI Haramkan Mudik

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor
Sumber :

100kpj – Penyebaran virus corona di Indonesia masih merajalela, salahsatu cara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini adalah dengan melakukan aktivitas di dalam rumah, sesuai dengan himbauan yang diberikan oleh pemerintah.

Namun, tampaknya tradisi mudik dikhawatirkan membuat penyebaran virus corona menyebar ke berbagai daerah, karena bisa jadi pemudik tersebut tanpa disadari akan menjadi kurir penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China di kampung halamannya.

Apalagi berdasarkan hasil sementara rapat terbatas pemerintah beberpa waktu lalu, diputuskan memang tidak ada aturan yang melarang masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Jika masyarakat tetap mudik, maka Indonesia bakal jadi lima negara yang paling besar terpapar Covid-19.

Jalan Tol Cikampek Macet

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Denny JA, menyarankan pemerintah melarang tegas masyarakat supaya tidak mudik lebaran untuk memutus mata rantai wabah Covid-19. Karena jika mudik tidak dilarang, Indonesia potensi melompat jadi lima besar negara terpapar corona.

Berdasarkan data yang dihimpun, ada lima negara yang paling terpapar Covid-19 yakni peringkat pertama diisi Amerika Serikat dengan 245.380 kasus, Spanyol ada 117.710 kasus, Italia sebanyak 115.242 kasus, Jerman sebesar 85.263 kasus, dan Cina ada 81.620 kasus.

"Tapi jika Presiden RI tak melarang dengan keras mudik lebaran, besar kemungkinan Indonesia segera melejit masuk ke dalam lima besar negara yang paling terpapar Covid-19," kata Denny yang dikutip dari Vivanews, Sabtu 4 April 2020.

Berita Terkait
hitlog-analytic