Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Corona Pukul UMKM, Pedagang Motor Bekas dan Bengkel Cari Kerjaan Lain

Pedagang Motor Bekas
Sumber :

100kpj – Mewabahnya virus corona atau COVID-19 di Indonesia membuat seluruh sektor bisnis terpukul. Bukan hanya usaha berskala besar, usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM juga turut terdampak akibatnya.

Pemilik diler Tirta Motor di bilangan Bekasi Barat, Dul Ahmadi menyebut, saat ini corona bagaikan musuh besar bagi para pelapak pinggir jalan seperti dirinya. Setelah pada awal tahun penjualan kendaraan bekas turun karena banjir, kini hal serupa kembali terjadi lantaran mewabahnya virus mematikan tersebut.

“Saya kira setelah banjir kemarin, penjualan motor mulai naik. Sempat sih (membaik) di awal bulan lalu, tapi pas ada virus itu langsung merosot lagi,” ujarnya kepada 100KPJ.

Baca juga: Miris, Begini Jeritan Hati Pedagang Motor Bekas di Tengah Wabah Corona

Secara sederhana, ia menyampaikan, aturan pemerintah mengenai pelarangan warga berkegiatan di luar rumah, menjadi salah satu alasan mengapa penjualan kendaraan redup. Kendati demikian ia tetap membuka tokonya, dan melayani pembelian melalui sambungan telfon.

“Kalau enggak ada yang keluar rumah, bagaimana dagangan saya (motor bekas) bisa laku? Kan sederhananya begitu. Orang-orang juga pada takut motoran ke mana-mana. Lihat aja jalan raya, sepi enggak kayak biasa,” terangnya.

“Tapi saya masih ngelayanin pembeli, meski jumlahnya gak banyak. Biasanya mereka tanya-tanya stok lewat telfon, cuma beberapa memang sudah kenal,” tambahnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic