Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Indikator Bensin Nyala, Masih Bisa Jalan Berapa Kilometer?

Indikator Bensin di Mobil.
Sumber :

100kpj – Ada kalanya kita sangat malas untuk menyimpang ke pom bensin lebih dulu, walaupun indikator bensin sudah menyala. Alhasil, akhirnya coba dipaksakan lebih dulu untuk tetap dipakai hingga tempat tujuan.

Panel instrumen pada kendaraan bermotor memang dirancang khusus, untuk memberikan segala informasi kepada pengendara. Mulai dari kecepatan, hingga jarak tempuh.

Bahkan, kendaraan saat ini informasi yang disajikan jauh lebih lengkap. Ada penunjuk suhu di luar, tekanan ban, hingga kondisi mesin.

Baca Juga:
Honda PCX Ini Lebih Unggul dari Yamaha NMAX, Mau?

Ngerinya R-Fuchs 2, Mobil Perang asal Jerman yang Diklaim Antikiamat

Ini Mekanisme dan Biaya Bikin SIM Internasional

Ternyata Nama Avanza dan Xenia Bukan Berasal dari Jepang

Tetapi, yang tak kalah penting adalah dan tak pernah berubah adalah indikator bahan bakar. Biasanya, informasi ini disajikan dalam wujud analog, meski ada juga produsen yang merancang tampilannya dengan model digital.

Motor isi bensin


Sesuai namanya, instrumen ini digunakan untuk menunjukkan seberapa banyak bahan bakar yang tersisa di dalam tangki. Jika sudah mendekati area berwarna merah, artinya kamu sebaiknya segera mencari stasiun pengisian bahan bakar umum terdekat.

Selain warna, bahan bakar yang akan habis juga ditunjukkan dalam bentuk lampu atau gambar yang berkedip. Jika muncul ini, maka bahan bakar sudah benar-benar harus diisi. Tapi, jika kita paksakan untuk tetap melaju, sejauh mana jarak yang bisa ditempuh dalam kondisi lampu tersebut menyala?

Dikutip dari laman resmi Suzuki, Selasa 3 Maret 2020, setiap tangki bahan bakar selalu memiliki area cadangan. Ini adalah langkah antisipasi dari pabrikan, jika BBM sudah mulai habis tapi belum bisa menemukan stasiun pengisian bahan bakar.

Jumlah cadangannya berbeda antara satu model dengan yang lain. Begitu pula dengan jenis dari kendaraan, apakah itu sepeda motor atau mobil. Tapi, umumnya sekitar 10 persen dari kapasitas tangki.

Contohnya, jika kapasitas tangki BBM kendaraan jenis mobil adalah 60 liter, maka bahan bakar cadangan yang dimiliki sekitar enam liter. Apabila konsumsi bahan bakar mobil tersebut satu liter untuk tiap jarak 10 kilometer, maka masih bisa digunakan hingga 60 kilometer.

Tapi, lagi-lagi ini jangan digunakan sebagai patokan, karena bisa saja konsumsi BBM berubah. Misalnya, terjebak kemacetan lalu lintas.
Berita Terkait
hitlog-analytic