Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bikin Kaget, Tenyata Segini Pendapatan Sales Motor

Pameran motor di IMOS 2016.
Sumber :

100kpj – Sales yang mempunyai tugas sebagai tenaga penjual untuk menawarkan langsung produk ke konsumen, punya peran sangat penting dalam kesuksesan sebuah merek sepeda motor. Sales akan mendapatkan bonus jika bisa memenuhi target penjualan yang ditentukan oleh diler. 

Makanya tidak heran jika profesi tersebut dianggap sebagai ujung tombak penjualan diler, tak hanya diler bahkan secara keseleuruhan sales jadi garda terdepan terhadap penjualan produsen motor di Indonesia.

Namun menurut penulusuran dari 100KPJ.com, upah yang didapat dari seorang sales tidak seindah kabar jumlah penjualan sepeda motor di Indonesia, bahkan beberapa diler hanya menggaji para sales tersebut di bawah upah minimum atau UMR yang berlaku, malah ada beberapa diler tidak memberikan gaji pokok, penghasilan dari sales hanya didapat dari upah penjualan yang berhasil didapat setiap bulannya.

Booth Yamaha

Salah satu tenaga penjualan diler Yamaha di Purwakarta yang enggan disebutkan namanya curhat, gaji yang didapatkan tidak terlalu besar. Pasalnya dia baru bisa dapat uang ketika sudah berhasil menjual produk yang ditawarkan, dan tidak mendapatkan gaji pokok setiap bulannya.

"Hitungannya begini, jika saya berhasil menjual 3 unit motor dalam satu bulan saya dapat upah Rp600 ribu, kalau saya berhasil menjual 6 unit per bulan dapat Rp1.050.000, sedangkan jika berhasil menjual 9 unit dapat Rp 1,5 juta dan jika berhasil menjual 12 unit upah yang bisa saya dapat Rp2,1 juta," ungkapnya, 25 februari 2020.

Jadi lebih lanjut dia menjelaskan bahwa ada istilah cost per unit, nominalnya Rp100 ribu per unit. Jika saya hanya mampu menjual kurang dari 3 unit per bulan, maka saya hanya mendapatkan upah dari hasil cost per unit tersebut. Contohnya, sales hanya menjual 2 unit, maka dia akan mendapatkan Rp200 ribu.

Berita Terkait
hitlog-analytic