Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gaji Ideal untuk Punya Mobil Baru, UMR Enggak Cukup

Pameran otomotif GIIAS 2018.
Sumber :

100kpj – Memiliki mobil baru menjadi impian, namun untuk memboyongnya dengan cara tunai kocek yang harus dikeluarkan cukup besar. Oleh sebab itu, pembelian dengan cara kredit menjadi pilihan tepat jika ingin memiliki mobil baru.

Dengan kredit Anda bisa menyesuaikan kemampuan untuk membayar TDP (Total Down Paymen) dan angsuran per bulannya. Namun rata-rata perusahaan pembiayaan menawarkan cicilan dengan tenor paling lama enam tahun.

Lantas berapa gaji yang ideal untuk memiliki mobil baru?

Salah satu tim survey dari lising UFinance, Adi mengatakan, perusahaan pembiyaan saat ini mulai ketat menseleksi konsumen untuk pengajuan kredit mobil. Penghasilan per bulan benar-benar dihitung detil agar tidak terjadi kredit macet.

Honda Brio Satya di GIIAS 2019

“Contohnya Honda Brio sekarang tipe terendah (Brio Satya S MT Rp147 juta) saja cicilan per bulan Rp3,5 jutaan dan tipe tertingginya (Brio RS CVT) Rp4,6 jutaan angsurannya lima tahun. Berarti minimal gaji Rp10 juta sampai Rp15 juta,” ujarnya kepada 100KPJ, Jumat 3 Januari 2020.

Lebih lanjut Adi menjelaskan, perhitungan gaji itu belum termasuk angsuran yang sedang ditanggung oleh debitur. Karena penghasilan yang didapat akan dipotong perhitungannya jika konsumen memiliki cicilan lain yang masih berjalan.

Berita Terkait
hitlog-analytic