Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Royal Enfield 500 Disuntik Mati, Gimana Nasibnya di Indonesia?

Deretan Motor Royal Enfield
Sumber :

100kpj – Pemerintah India telah menerapkan regulasi baru BS6 terkait emisi gas buang, dan konsumsi bahan bakar kendaraan bermesin bensin dan diesel. Tujuannya agar motor dan mobil baru yang dijual ke pasar lebih ramah liingkungan.

Nah sejak lahirnya regulasi tersebut, beberapa pabrikan atau produsen memperbaharui produknya agar lulus uji tipe dan layak jual. Tapi sebagian dari mereka ada yang memilih stop produksi, seperti yang baru dilakukan Royal Enfield.

Melansir dari RideApart dan Drive Spark, jenama blasteran Inggris-India tersebut memutuskan untuk menyuntik mati beberapa modelnya yang memiliki mesin 500cc. Ya, produk yang dimaksud meliputi Classic 500, Bullet 500, dan Thunderbird.

Alasan model-model tersebut tidak lagi diproduksi, karena ada beberapa faktor. Salah satunya standar emisi baru yang dterapkan pemerintah India. Untuk mengikuti aturan tesebut, butuh penanaman teknologi baru yang memakan ongkos besar.

Royal Enfield Thunderbird X 500.

Sedangkan penjualan lineup Royal Enfield dengan mesin 500cc terus mengalami penurunan, dan tidak membuat untung perusahaan. Artinya akan mengalami kerugian dua kali lipat, jika model-model dengan varian mesin tersebut tetap dipertahankan.

Mengingat produk yang kini menjadi tulang punggung penjualan Royal Enfield di global adalah varian mesin 350cc dan V-twin 650cc yang bersarang pada Continental GT serta Interceptor. Lantas gimana nasibnya di Indonesia?

Berita Terkait
hitlog-analytic