Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Hanya Mobil, Pengendara Motor Juga Bakal Ditilang Elektronik

Tilang Elektronik

100kpj – Untuk memperluas penindakan tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) kepada pengguna mobil, Ditlantas Polda Metro Jaya menambahkan jumlah kamera pengawas di sejumlah titik yang akan beropasi pada bulan depan. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan, tahun 2020 kamera tilang elektronik bertambah 45 unit yang sedang tahap instalasi. Secara total akan ada 57 kamera termasuk 12 kamera yang sudah beroperasi.

“45 kamera masih proses instalasi baik dari jaringan, hardware maupun sofwarenya. Kurang lebih Februari kamera itu sudah berjalan tapi uji coba dulu terhadap instalansinya,” ujarnya kepada 100KPJ, Rabu 8 Januari 2020.

Lebih lanjut Fahri menjelaskan, kamera tambahan tersebut nantinya tetap diutamakan untuk jalur protokol, seperti Sudirman dan Thamrin. Namun akan diperluas seperti Tomang dan Slipi yang bukan menjadi jalur protokol utama.

Tilang elektronik

Dengan bertambahnya kamera ETLE tersebut, pihaknya juga berencana akan memperluas penindakan tilang elektronik untuk pengendara sepeda motor. Namun untuk saat ini masih tahap studi, karena menyesuaikan pelanggaran yang dilakukan.

“Kalau penindakan untuk pengendara sepeda motor masih perioritas selanjutnya, kalau untuk saat ini melalui kamera yang ada di bus Trans Jakarta sudah terdeteksi pengendara sepeda motor. Tapi kalau di jalan umum belum,” tuturnya. 

Berita Terkait
hitlog-analytic