Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Selain karena Umur, Ini Penyebab Lain Harga Motor Bisa Anjlok

Motor bekas.
Sumber :

100kpj – Seiring masa pemakaian, harga sepeda motor pasti mengalami penurunan. Hal itu terjadi, lantaran perusahaan yang membuatnya selalu menghadirkan model baru setiap tahun.

Di pasar motor bekas, usia pemakaian juga bisa mempengaruhi harga jual kendaraan. Namun, rupanya ada penyebab lain yang dampaknya terhadap penurunan harga terbilang signifikan. Salah satunya, berkenaan dengan dokumentasi sepeda motor. 

"Surat-surat kendaraan harus lengkap, itu sih udah jadi aturan umum. Pajak juga mesti hidup," ungkap pemilik diler Tirta Motor yang berlokasi di bilangan Bekasi Barat, Dul Ahmadi saat dihubungi 100KPJ, Selasa 17 Desember 2019.

Motor bekas

Selain kelengkapan surat, ia juga menyebut, jenis sepeda motor bisa menjadi faktor yang mempengaruhi harga jual kendaraan. Semakin pasaran modelnya, kata dia, semakin kecil peluang motor tersebut dihargai tinggi.

"Mungkin ini gak berlaku untuk semua orang (diler). Motor yang pasaran, (populasinya) banyak, harganya bakal murah. Misalnya kayak BeAT atau Vario, harganya pasti beda kayak waktu pertama motor itu muncul," terangnya.

Sedang menurut pemilik diler ABP Motor yang berlokasi di bilangan Bekasi Utara, Budi Baonk, penyebab lain yang bisa mempengaruhi harga kendaraan namun tak banyak diketahui orang, ialah sentuhan modifikasi. Kuda besi yang sudah mendapat ubahan di beberapa bagian, biasanya ditawar rendah oleh pembeli. Namun, dengan sedikit pengecualian.

Berita Terkait
hitlog-analytic