Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menperin Tuntut Indonesia Produksi Motor Listrik 2 Juta Unit di 2025

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.
Sumber :

100kpj – Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, menargetkan produksi sepeda motor di Indonesia bisa mencapai 10 juta unit pada 2025. Di mana, 20 persennya diharuskan memproduksi sepeda motor berbasis listrik.

Menperin Agus menyampaikan hal tersebut saat membuka ajang IIMS Motobike Expo di Istora Senayan, Jumat 29 November 2019. Rata-rata produksi motor tahun ini dan tahun 2018 adalah 6 juta unit.

Pembukaan IIMS Motobike 2019

Agus berharap pada 2025 meningkat menjadi 10 juta unit. Berdasarkan jumlah tersebut, selain untuk kebutuhan domestik ditarget juga untuk keperluan ekspor ke beberapa negara.

Bahkan pemerintah juga menargetkan untuk produsen roda dua memproduksi sepeda motor listrik, sehingga mencapai 2 juta unit. Target tersebut memang sesuai dengan program percepatan kendaraan listrik berbasis baterai yang sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa bulan lalu.

"Pada 2025 ditargetkan produksi menjadi 10 juta unit. Dari angka itu satu juta unit guna ekspor, dua puluh persen atau dua juta unitnya untuk produksi motor berbasis listrik," kata Agus kepada wartawan.

Agus menambahkan dengan adanya aturan-aturan serta kemudahan berinvestasi untuk industri otomotif memproduksi kendaraan listrik, pada 2030 mendatang pemerintah menargetkan Indonesia menjadi salah satu negara basis kendaraan listrik di kawasan ASEAN.

Berita Terkait
hitlog-analytic