Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fitur Ini Dianggap Bisa Mengurangi Kecelakaan Motor di Indonesia

Kecelakaan Honda CBR1000RR SP dan Daihatsu Ayla
Sumber :

100kpj – Motor menjadi penyumbang terbesar kecelakaan di jalan raya. Faktor kecelakaan disebabkan dari kondisi kendaraan, dan keasalahan manusia, namun ada salah satu fitur dianggap dapat menekan angka kecelakaan.

Berdasarkan data Korlantas Polri, sepanjang 2023 terdapat 155 ribu kasus kecelakaan di jalan raya dengan 66.602 ribu berasal dari pengguna motor, dan human eror menjadi penyebab utamanya, sekitar 61 persen.

Ilustrasi kecelakaan motor akibat benang layangan

Banyaknya kasus kecelakaan motor sejalan dengan populasinya. Masih menurut sumber yang sama, per 23 Februari 2024 jumlah motor yang beredar mencapai 134 juta unit, atau 83,5 persen dari total kendaraan di Indonesia.

Lantas gimana cara pencegahannya, atau minimalisir angka kecelakaan pengguna motor?

Senior Lecturer at Department of Civil and Environmental Engineering Universitas Indonesia, Tri Tjahjono mengatakan, kompetensi pengendara harus didukung standar keselamatan motor yang mumpuni.

Terlebih menurutnya isu kecelakaan saat ini karena kecepataan yang tidak dikontrol dengan baik. Sehingga dibutuhkan fitur pendukung terutama pada sektor pengereman, yaitu melalui ABS (antilock braking system).

Berita Terkait
hitlog-analytic