Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sekarang Bikin SIM C Gampang Banget! Ini Rasanya Ujian di Lintasan Baru Tanpa Zig Zag

Ujian praktik SIM C
Sumber :

100kpj – Untuk mempermudah pemilik sepeda motor mendapatkan SIM C (Surat Izin Mengemudi), akhirnya Korlantas Polri mengubah ujian praktik dengan menghapus tes manuver zig-zag, dan angka 8 dengan lajur huruf S.

Perubahan lajur ujian SIM C tersebut berlaku, Senin 7 Agustus 2023 di seluruh Indonesia. Sepertinya perubahan tes praktik itu akan mempermudah masyarakat, karena tidak serumit rintangan yang sebelumnya.

Mencoba langsung praktek ujian SIM C

“Sekarang ini kita rangkai sedemikian rupa seperti masyarakat kalau berjalan di jalan raya, sekaligus kita memasukkan sisi edukasi,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi.

Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zigzag test atau slalom test.

Dari sebelumnya angka 8 berubah menjadi huruf S dengan ukuran lintasan diperlyas dari 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali dimensi kendaraan, artinya cukup luas, sehingga tidak perlu khawatir injak garis.

Penasaran dengan lintasan baru tersebut, 100kpj berkesempatan mencobanya di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, bersama para petugas, yang juga dihadiri Irjen Pil Firman Santyabudi bersama rekan media lainnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic