Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Pengganti Tes Zig-zag dan Angka 8 di Ujian Praktik SIM C

Ujian praktim SIM
Sumber :

100kpj – Polisi telah resmi menghapus ujian praktik SIM C berupa tes manuver zig-zag dan membentuk angka 8 per hari ini, 4 Agustus 2023. Pihak kepolisian pun telah mempersiapkan ujian baru bagi para pemohon SIM C, apa itu?

Perubahan ini dikonfirmasi langsung oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman. Menurutnya, perubahan ini juga sebagai arahan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Tindak lanjut dari perintah Bapak Kapolri, Korlantas sudah mengeluarkan petunjuk mekanisme ujian terbaru SIM-nya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman kepada wartawan, Jumat 4 Agustus 2023.

Sebagai gantinya, Polisi mengubah dari sirkuit berbentuk angka 8 menjadi huruf S. Ukuran lebar lintasan pun telah diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan.

"Angka 8 diganti jadi huruf S. Jadi, manuver ke kanan, manuver ke kiri sudah terakomodir disitu," ujar Latif.

Penggantian sirkuit jadi huruf S ini disebut telah sesuai kajian. Semua yang dibutuhkan diyakini terakomodir dalam sirkuit baru yang berbentuk huruf S, semisal soal memutar balik. Kini tidak ada lagi juga manuver zig-zag.

"Sudah (dikaji) ada petunjuk dari Korlantas sudah mengeluarkan ketentuan ini," ucapnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic