Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kemenhub, Setiap Jam Ada 3-4 Orang Tewas Kecelakaan di Jalan Raya

Kecelakaan Honda CBR1000RR SP dan Daihatsu Ayla
Sumber :

100kpj – Ada banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan di jalan raya, diantaranya karena kelalaian dari pengguna kendaraan itu sendiri, atau human eror. Selain itu keterbatasan teknologi di kendaraan tersebut.

Bahkan fatalitas kecelakaan lalu lintas angkanya cukup tinggi. Seperti disampaikan Subdit Promosi dan Kemitraan Keselamatan Direktorat Sarana Transportasi Jalan - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Sapril.

Baca juga: Jangan Kaget, Sebanyak Ini Pengendara Motor yang Kecelakaan di 2023

“Rata-rata angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas per tahun mencapai 27 ribu jiwa, atau setara dengan 3-4 orang meninggal per jam,” ujar Sapril dikutip dari keterangannya, Kamis 22 Juni 2023.

Dia mengatakan, sekitar 80 persen korban kecelakaan lalu lintas berusia produktif. Maka, Kemenhub berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan agar memasukkan pendidikan mengenai pencegahan kecelakaan di kurikulum sekolah. 

Kemenhub sedang melakukan berbagai upaya termasuk penyusunan regulasi kendaraan bermotor dengan mengadopsi Standar UN Regulations, untuk memastikan level keselamatan lebih tinggi pada produk kendaraan di Indonesia.

“Agar target kami untuk menekan angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas  hingga 85 persen bisa direalisasikan,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic