Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kalau SIM Dicabut Gegara Tilang Sistem Poin, Bisa Bikin Lagi?

Smart SIM.
Sumber :

100kpj – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri punya rencana akan memberlakukan, tilang dengan cara baru yakni mengurangi poin pada Surat Izin Mengemudi alias SIM, kepada pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas.

Sistem skema poin ini sudah ditetapkan, dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang telah berlaku sejak 19 Februari 2021.

Aturan ini juga mengatur pemberian sanksi berupa penahanan sementara SIM, atau pencabutan sementara SIM sebelum putusan pengadilan hingga pencabutan SIM, atas dasar putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

"Saat ini itu sudah mulai didata, melanggar didata, terlibat kecelakaan didata. Dampaknya adalah kita menerapkan demeryt point system. Itu sanksi hukum lain yang memberikan pinalti tambahan, hukuman tambahan. Perpolnya sudah keluar, perpol 5 tahun 2021, poin atau sanksi tambahan akan diberikan jika poin yang ditetapkan," ungkap Kombes Pol Aries Syahbudin, Kasubdit Audit dan Inspeksi Korlantas Polri, dikutip 100KPJ.com, Kamis 24 November 2022.

Smart SIM.

Aries menjelaskan besaran poin tilang ini, dibedakan berdasarkan pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas. Pada Pasal 35 Perpol No 5 Tahun 2021, besaran poin untuk pelanggaran lalu lintas meliputi 5 poin, 3 poin, dan 1 poin.

"Poin untuk kecelakaan lalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 33 ayat (2) huruf b, meliputi: a. 12 poin; b. 10 poin atau c. 5 poin," demikian bunyi Perpol tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic