Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dijual Tembus Rp65 Juta, Honda Monkey Ternyata Pakai Mesin Supra X

Honda Monkey resmi meluncur di GIIAS 2019.
Sumber :
AHM

100kpj – Setelah beberapa kali dipajang sebagai obyek pameran, PT Astra Honda Motor atau AHM akhirnya resmi menjual Honda Monkey untuk pasar Indonesia. Kuda besi yang diimpor utuh dari Thailand itu dihargai Rp65 juta, on the road Jakarta.

Kendati dijual sedemikian mahal, namun rupanya mesin yang tertanam di Honda Monkey merupakan hasil ‘comotan’ dari Supra X 125 FI. Hal itu disampaikan langsung oleh Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno, beberapa waktu lalu.

“Mesin Honda Monkey mempunyai diameter kali langkah 52,4 x 57,9 mm, sama persis seperti Supra X 125 FI. Sedangkan untuk rasio kompresinya, Monkey itu 9,3:1,” terang Endro kepada pewarta di Gedung ICE BSD, Tangerang Selatan.



Selain itu, kesamaan lainnya juga terletak di injector dan ukuran throttle body. Keduanya, bahkan, dibekali lubang injector serupa, yakni berjumlah enam. Namun, meski demikian, tenaga yang dihasilkan berbeda.

“Jadi yang membedakan itu volume semburan bensinnya, Supra X 125 lebih besar dari Monkey, makanya tenaganya lebih baik,” imbuhnya.

Sebagai informasi, meski memakai mesin yang sama dengan kapasitas 125cc, Supra X 125 FI mampu menghasilkan tenaga 9,9 daya kuda pada 8.000 rpm. Sedang Honda Monkey hanya 6,9 Kw atau sekitar 9,2 daya kuda pada 7.000 rpm.

“Tapi harus diingat, meski tenaga lebih kecil, tapi tubuh Monkey kan juga lebih boncel. Jadi sama saja, kan,” tutup Endro.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)
Berita Terkait
hitlog-analytic