Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

AHM Pede Penjualan Motor Naik Lagi Walau Sempat Lesu di Awal Tahun

Booth Honda atau AHM di IMOS 2023

100kpj –  PT Astra Honda Motor (AHM) menyampaikan performa penjualannya pada awal 2024. Dari sisi pangsa pasar, pabrikan asal Jepang ini menguasai 76 persen penjualan kendaraan roda dua secara domestik selama Januari-Februari 2024.

Menurut Executive Vice President Director AHM, Thomas Wijaya, angka tersebut mengalami penurunan dibanding pencapaian 2023. Lemahnya penjualan karena beberapa faktor.

Honda Stylo 160

"Kondisi ini terjadi dipengaruhi banyak faktor. Situasi politik terkait dengan pemilu dan kondisi ekonomi di berbagai daerah karena cuaca dan bencana yang terjadi di awal tahun," ujar Thomas di Jakarta, Selasa 26 Maret 2024.

Dia menuturkan, pada tahun sebelumnya banyak rintangan, tantangan geopolitik dan geoekonomi, namun Honda berhasil mempertahankan pemimpin pasar dengan market share 78 persen dari total penjualan 6,2 juta unit motor.

"Namun, dalam 2 bulan terakhir terkoreksi 3 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan market share 76 persen. Meski demikian, kami optimistis pasar kembali tumbuh," katanya.

 Thomas meyakini kondisi pasar kendaraan roda dua akan kembali membaik setelah Lebaran. Hal itu sejalan dengan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang memproyeksikan penjualan motor akan tumbuh 1 sampai 5 persen pada 2024.

Berita Terkait
hitlog-analytic