Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Melempem di Negara Asalnya, Royal Enfield Ambil Langkah Mengejutkan

Royal Enfield Interceptor 650 dan Continental GT 650
Sumber :

100kpj – Memasuki bulan ketujuh di tahun 2019, Royal Enfield masih kesulitan memenangkan persaingan pasar. Bahkan, di negara asalnya, India, angka penjualan motor bernuansa retro itu terus merosot tajam. Puncaknya, di bulan Juni lalu, mereka mencatat penurunan hingga 24 persen.

Sebenarnya, beberapa bulan lalu Royal Enfield baru saja meluncurkan dua produk anyarnya, yakni Interceptor 650 dan Continental GT 650. Namun sayangnya, model Twins 650 itu tidak cukup diminati pasar lokal, sebaliknya kedua motor tersebut justru laku di beberapa negara Asia lainnya, seperti Indonesia, Vietnam, dan juga Thailand.

Menurut laman Indianauto, seperti dilansir Rabu 3 Juli 2019, penurunan angka itu kemungkinan besar disebabkan oleh berpindahnya minat konsumen dari Royal Enfield, ke merek pabrikan lain.

Secara kebetulan, ketika Royal Enfield sedang kesulitan memasarkan produknya, pabrikan lain yang bermain di segmen serupa, Jawa Motocycles, justru mengalami peningkatan signifikan. Apakah fenomena keduanya saling berkaitan?

Mengakali hal tersebut, Royal Enfield siap mengambil langkah mengejutkan. Jenama yang bermarkas di kota Chennai itu siap menyeburkan diri ke pasar sepeda motor bertenaga kecil, dengan memproduksi model bermesin 250cc.

Kabarnya, kuda besi yang tengah disiapkan Royal Enfield itu masih mengusung nuansa heritage khas pabrikan. Selain itu, suara knalpot yang menggerung juga tetap dipertahankan. Sehingga, DNA yang telah terkandung di tubuh model bermesin besar, bisa turut hadir di calon tunggangan baru tersebut.

Namun, mengingat produk anyar Royal Enfield itu masih dalam tahap pengembangan, dan baru akan diluncurkan 2023 mendatang, maka hingga kini pabrikan belum terbuka soal harga. Jadi, apakah keputusan itu bisa mendongkrak angka penjualan mereka di masa mendatang? Kita nantikan saja.

(Laporan: Septian Farhan Nurhuda)

Berita Terkait
hitlog-analytic