Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gak Pakai Ribet! Bikin SIM Baru Bisa Secara Online di Bulan Depan

Smart SIM.
Sumber :

100kpj – Kepolisian mengharapkan Aplikasi Digital Korlantas Polri yang di dalamnya memuat SINAR (SIM Nasional Presisi) bisa diperluas dengan bikin SIM baru. Korlantas menargetkan layanan online pembuatan SIM baru pada Agustus 2021.

Saat ini aplikasi tersebut baru bisa untuk perpangan SIM A dan SIM C saja. Pemohon tak perlu datang ke Satpas SIM dan hanya mengisi data-data serta pemeriksaan lainnya lewat aplikasi, SIM pun bakal dikirim ke rumah.

Baca Juga: Ujian Praktik SIM C Bakal Berbeda Usai Diberlakukan Tiga 3 Golongan

"SIM Nasional Presisi untuk tahap awal, perpanjangan SIM A dan C secara online penuh tanpa pemohon hadir ke Satpas. Kenapa demikian? SIM A dan C memungkinkan perpanjangan tanpa hadir ke Satpas," kata Kasi Standar Subdit SIM Regident Korps Lalu Lintas Polri AKBP Arief Budiman.

Surat Izin Mengemudi

"Persyaratannya bisa diunggah lewat aplikasi yang sudah disediakan. Persyaratan lainnya juga sudah kita buatkan aplikasi baik pemeriksaan psikologi dan kesehatan secara elektronik. Mana kala itu memenuhi syarat, SIM bisa dicetak dan dikirim sesuai keinginan pemohon," lanjutnya.

Arief dalam akun YouTube NTMC Channel berharap pada Agustus 2021, aplikasi juga bisa melakukan proses pembuatan SIM baru. Walau begitu, tetap ada ujian prakteknya dan mengharuskan pemohon datang ke Satpas.

Berita Terkait
hitlog-analytic