Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penasaran Lihat Wajah Moge Norton Made in China

Motor gede Norton.
Sumber :

100kpj – Jagat roda dua baru-baru ini dikejutkan dengan kerjasama yang dilakukan produsen sepeda motor premium asal Inggris Norton, yang mengumumkan kemitraan dengan produsen asal China, Zongshen.

Kepastian itu datang usai Chief Executive Officer Norton, Stuart Garner, mengkonfirmasi kalau mereka telah memberi lisensi penggunaan mesin 650 cc dua silinder racikan Norton ke Zongshen.

Seperti dikutip Bennetts, Jumat 28 Juni 2019, reka wujud dari motor garapan dua produsen itupun mulai terlihat. Motor itu masih akan mengusung model klasik namun dengan pendekatan modern.



Itu artinya, mesin masih dikembangkan langsung oleh Norton, sementara Zhongsen kebagian penggarapan pendukung motor, mulai dari kaki-kaki hingga bodinya.

Dari gambar paten yang telah didaftarkan, Zongshen nampak telah merancang motor ini dengan cermat. Ada modernisasi perangkat, apakah itu peredam kejut depan, headlamp, rem cakram depan yang dipasang radial, serta sejumlah perangkat lain yang tetap mempertahankan kesan klasik mewah.

Bukan cuma versi 650, sebab ada desas-desus lain seputar motor berikutnya yang bakal lahir dari rahim kerja sama tersebut. Yakni motor bermesin 380 cc double-piston dengan tenaga 26,7 daya kuda pada 8.500 rpm, dan torsi 32,5 newton meter.

Laporan menyebut, besar kemungkinan bahwa model 380 cc itu akan memiliki bentuk lebih ke arah adventure, dan motor itu diproyeksikan bakal dijual untuk menjangkau pasar Asia.

Sementara untuk pasar Eropa, belum jelas apakah dalam kolaborasi ini, Norton akan mengizinkan Zongshen untuk memasarkan model mereka ke sana. Apalagi peminat Zhongsen di Eropa sangatlah kecil. Berbeda dengan pasar China dan Asia yang punya potensi bagus.

Berita Terkait
hitlog-analytic