Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

3,6 Juta Unit Motor Terjual di Indonesia Sepanjang 2020

Honda BeAT vs Yamaha Gear
Sumber :

100kpj – Sepeda motor masih menjadi alat transportasi pilihan masyarakat di Indonesia. Motor memang praktis untuk digunakan setiap hari, belum lagi harga belinya pun cukup terjangkau.

Untuk membeli sebuah motor matik saja cukup dengan uang Rp16 jutaan untuk dapatkan yang baru. Tapi dengan adanya pandemi covid-19, sangat berpengaruh untuk penjualan sepeda motor di Indonesia.

Honda Vario 125

Sekjen Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Hari Budianto mengatakan, berdasarkan data, ada penurunan penjualan sepeda motor di Tanah Air saat terjadi pandemi.

"Secara total, tahun lalu penjualan sepeda motor di Indonesia itu 3.660.616 dari Januari sampai Desember. Bahkan di Mei tahun lalu, ," ujarnya dikutip dari VIVA Otomotif, Jumat 29 Januari 2021.

Bila melihat dari AISI, motor jenis skuter masih mendominasi penjualan kendaraan roda dua pada tahun lalu. Jumlahnya dari Januari sampai Desember mencapai 87,9 persen.

Sementara jenis kendaraan bermotor roda dua lainnya, yakni underbone hanya menyumbang 6 persen dari total penjualan nasional. Lalu motor sport berkontribus sebanyak 6,1 persen dari total penjualan.

Berita Terkait
hitlog-analytic