Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Solar Campuran Minyak Sawit Bisa Kurangi Asap pada Mesin Diesel

Solar D-100
Sumber :

100kpj – Seusai dengan arahan Presiden Jokowi yang harus dapat mengioptimalkan sumber daya alamnya, guna menciptakan kedaulatan energinya sendiri, makanya PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), menguji coba solar biodiesel D-100 sebagai bahan bakar pertama di Indonesia yang terbuat dari 100% bahan nabati.

Deputy CEO PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Budi Santoso Syarif menjelaskan, bahan bakar yang digunakan dalam uji performa tersebut adalah campuran D-100 sebanyak 20%, Dexlite sebanyak 50% dan FAME sebanyak 30%.

“Menurut hasil uji lab kami, terukur bahwa angka Cetane Number campuran Solar  D-100 dan Dexlite yang digunakan tersebut mencapai angka minimal 60 atau lebih tinggi dari Dexlite yang memiliki Cetane Number 51. Demikian juga hasil uji emisi kendaraan menunjukkan Opacity (kepekatan asap gas buang) turun menjadi 1,7% dari sebelumnya 2,6% saat tidak dicampur dengan D-100,” ujarnya.

Knalpot mobil berasap atau ngebul

Uji Performa ini dilakukan pada 14 Juli 2020 sepanjang 200 km menggunakan kendaraan jenis MPV berbahan bakar diesel keluaran 2017.

Selain hasil uji kuantitatif yang bagus, pengguna kendaraan pun tetap merasa nyaman selama menggunakan kendaraannya.

Diantaranya, tidak ada excessive noise selama berkendara, tarikan mesin tetap bertenaga, asap buangan knalpot tetap bersih meski pada RPM tinggi.

Berita Terkait
hitlog-analytic