Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Siap Dijual, Solar dari Sampah Plastik Ini Sudah Digunakan Toyota Fortuner

Toyota Fortuner.
Sumber :

100kpj - Bahan bakar minyak, atau BBM yang digunakan pada mesin kendaraan bermotor menggunakan bahan dasar minyak fosil, dengan mencampurkan zat adiptif sebagai salah satu peningkat angka oktan.

Namun karena ketersediaan minyak fosil secara global yang semakin menipis, berbagai cara dilakukan perusahaan penjual BBM. Salah satunya mencampurkan ekstrak tumbuhan, atau biasa disebut bio etanol, dan bio diesel.

Ilustrasi SPBU

Bahkan ada beberapa bahan dasar lain yang digunakan sebagai BBM, salah satunya dari limbah sampah plastik yang merupakan karya warga Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bahan bakar dari hasil pengolahan sampah plastik tersebut diberi nama Petasol, diolah menggunakan mesin khusus yang disebut berteknologi Faspol 5.0, dan menjadi solusi penanganan volume sampah yang terus meningkat.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan, ini menjadi solusi penanganan sampah plastik secara tuntas, dan diubah menjadi bahan bakar dengan memanfaatkan teknologi fast pyrolysis dengan menambahkan katalis, dan teknologi plasma yang aman bagi lingkungan.

"Hasil inovasi ini siap untuk dikomersialisasikan karena telah melewati beberapa uji, dan kajian. Hasil uji kualitas setara dengan bio solar dan Pertamina Dex. Hasil BBM sudah diujicobakan ke kendaraan," ujar Nana dikutip Antaranews, Kamis 28 September 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic