Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Perjalanan Pulang Dirasa Lebih Cepat Ketimbang Pergi, Kok Bisa Yah?

Ilustrasi berkendara saat puasa
Sumber :

100kpj - Melakukan perjalanan menjadi hal menarik untuk dilakukan sebagian orang. Terlebih perjalanan yang Anda lakukan bertujuan untuk liburan. Namun ada yang pernah merasa enggak sih, kalau keberangkatan itu lebih lama dibandingkan pulang.

Terlebih tujuan yang Anda targetkan baru pertama kali dikunjungi, biasanya perasaan merasa jauh atau lamanya perjalanan dialami. Nah ternyata fenomena tersebut pernah menjadi bahan penelitian oleh pendidikan tinggi yang berlokasi di Belanda.

Psikolog Sosial Universitas Tilburg, Niels Van der Ven mengatakan, perasaan yang mengganggap bahwa perjalanan pergi lebih lama dari pada pulang itu dinamakan Return Trip Effect (RTE). Hal itu muncul akibat reaksi otak yang lebih sering fokus pada suatu hal yang baru.

Jalan raya di Jakarta

“Hal itu berkaitan dengan familitaritas (kebiasaan), semakin seseorang kenal jalan akan terasa cepat perjalanan tersebut,” ujarnya melansir City Lab, Selasa 23 Juni 2020.

Lebih lanjut dia menjelaskan jadi sebenarnya RTE itu merupakan fenomena psikologis yang wajar dialami setiap orang. Sebab saat pulang dari suatu tempat, pengendara sudah pernah merasakan perjalanan itu sebelumnya maka dirasa cepat.

Hal tersebut sebenarnya berhubungan dengan kebiasaan, atau seberapa familarnya orang tersebut dengan jalan yang dilalui. Artinya jika memahami rute yang harus dilaluinya, dan tidak perlu meraba-raba agar sampi tujuan akan timbul perasaan dekat.

Berita Terkait
hitlog-analytic