Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mitsubishi Fuso Kenalkan Truk Listrik eCanter di GIICOMVEC

Mitsubishi Fuso eCanter
Sumber :

100kpj – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor Mitsubishi Fuso memperkenalkan dua jagoannya di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020. Salah satu yang sedot perhatian adalah truk listrik, bernama eCanter.

KTB memperkenalkan eCanter untuk kali pertama, ini juga untuk mensosialisasikan kecanggihan teknologi truk elektrik. Dua tahun lalu KTB telah memperkenalkan prototype eCanter, dan kini KTB membawa serta eCanter yang telah disempurnakan.

Truk listrik ini juga telah diproduksi secara massal, serta telah dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, serta beberapa Negara Eropa, yang diperuntukkan bagi konsumen fleet. Untuk di Jepang sendiri, eCanter disewakan.

eCanter sepenuhnya beroperasi secara elektrik, tidak mengeluarkan gas buang, bebas kebisingan dan getaran, mengurangi efek negatif terhadap lingkungan secara signifikan. Saat dicoba di GIICOMVEC, truk benar-benar tanpa suara saat berjalan.

Selain itu, dibandingkan dengan kendaraan diesel konvensional, eCanter lebih sedikit hetaran, serta mengurangi beban fisik pada pengemudi; dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan lingkungan kerja yang lebih baik.

Truk dengan model 7C18/FEB80 ini menggunakan motor listrik bertenaga 135 kW (184 PS) dan torsi 390 Nm. Mitsubishi Fuso eCanter sendiri memiliki 6 modul baterai bertegangan tinggi dengan jarak tempuh sejauh 100km dari posisi penuh dan beban 75%.

Untuk pengisan daya, Mitsubishi Fuso eCanter memerlukan waktu 9 jam di metode AC, dan 1,5 jam di metode pengisian DC alias fast charging. Mitsubishi Fuso eCanter juga mendukung regenerasi daya yang ditransformasikan dari gerakan roda. Untuk fitur,

Mitsubishi Fuso eCanter dibekali dengan kunci elektronik, ABS, ESP, dan juga lane departure warning. Kapasitas maksimal dari Mitsubishi Fuso eCanter sendiri mencapai 2 hingga 4 ton.

Sayangnya, pihak KTB masih belum bisa membeberkan harga untuk eCanter ini. Untuk saat ini, truk listrik tersebut masih dalam tahap sosialisasi saja.

Varian Fighter Terbaru

Dalam ajang GIICOMVEC yang berlangsung di JCC Senayan Jakarta, Mistubishi Fuso meluncurkan varian baru Medium Duty Truck (MDT) Fighter FN61FL HD (6x2) chassis panjang di hari pertama. Peluncuran Fighter FN61FL HD (6x2) menjawab kebutuhan pasar terhadap kendaraan bertenaga, dimensi lebih besar, perawatan mudah, serta dapat disesuaikan dengan regulasi kendaraan niaga.

Varian tersebut melengkapi model sebelumnya, yaitu Fighter FN61FL (6x2) yang juga dipamerkan selama GIICMVEC. Atas penambahan line up baru ini, total 18 varian Fighter dipasarkan ke konsumen.

“Saya bangga produk profesional MDT kami yaitu Fighter, menerima banyak respon positif dari konsumen. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2019 lalu, Fighter berkontribusi meningkatkan pangsa pasar yang cukup signifikan di segmen MDT, dari 22,4 persen di Januari 2019 ke 28,3 persen pada Januari 2020,” ujar Atsushi Kurita, Presiden Direktur dari PT KTB, Kamis 5 Maret 2020.

Mitsubishi Fuso Fighter


Dia yakin bila ajang ini bisa meningkatkan profesionalitas KTB, dengan mempertemukan para eksekutif dan pebisnis profesional dalam satu kesempatan. KTB akan menyediakan program “Business Meeting” bersama dengan Dealer Mitsubishi Fuso.

Yaitu dealers PT Sun Star Motor, PT Srikandi Diamond Motors, PT Bumen Redja Abadi, and PT Dipo Internasional Pahala Otomotif, serta turut mengundang ± 240 konsumen untuk mengikuti program ini.

Spesifikasi Fighter FN61FL HD (6×2)
Mesin : 6M60 / 270 PS / Common rail
Torsi Maksimum : 80 Kg.m / 1.400 rpm
Transmisi : EATON ES-11109 / 9 Speed
G.V.W Maksimum : 26.000 kg
Panjang cab to end : 9.880 m
Panjang keseluruhan : 11.925 m
Rekomendasi bentuk karoseri : Wing box, crane, flat deck, wooden cargo
Berita Terkait
hitlog-analytic