Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mulai Diminati, Bisakah Mobil China Saingi Merek Jepang di Indonesia?

Wuling Almaz
Sumber :

100kpj – Industri otomotif merupakan sektor bisnis paling dinamis. Siapa yang berani berinovasi dan menawarkan harga kompetitif, biasanya lebih mudah memenangkan persaingan. Hal itu pula yang dilakukan perusahaan mobil asal China yang tengah berupaya meruntuhkan dominasi merek Jepang di pasar Indonesia.

Setelah sempat diragukan pada awal dekade 2000-an, kini mobil buatan Negeri Tirai Bambu mulai diminati konsumen di Tanah Air. Wuling dan DFSK menjadi dua nama yang cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia sepanjang tahun lalu. Bagaimana tidak, penjualannya tergolong tinggi dan mulai mendekati merek-merek asal Jepang.

Perlu dibaca: Fenomena Mobil China di Indonesia: Dulu Diragukan, Kini Laku Keras

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), keduanya masuk dalam 10 merek roda empat dengan penjualan terbaik di Tanah Air. Wuling berada di posisi enam, setelah berhasil mendistribusikan kendaraan ke dealer sebanyak 22.343 unit dan membukukan penjualan retail 21.112 unit.

Wuling Almaz

Sedang DFSK berada di posisi 10 dengan penjualan sebanyak 3.857 wholesales, serta retail 3.260 unit. Angka-angka tersebut menjadi bukti betapa cepatnya pertumbuhan dagang merek China di pasar Indonesia.

mobil murah
Berita Terkait
hitlog-analytic