Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fenomena Mobil China di Indonesia: Dulu Diragukan, Kini Laku Keras

Wuling Almaz
Sumber :

100kpj – Satu dekade lalu, mungkin masih banyak konsumen mobil di Indonesia yang meragukan produk buatan China. Berbagai alasan menjadi penyebab, mulai dari tampilannya yang kerap menyerupai mobil Jepang, serta kualitasnya yang dianggap tidak cukup bersaing.

Namun, industri otomotif merupakan sektor bisnis paling dinamis. Seiring berjalannya waktu, segalanya mulai berubah. Kini, mobil-mobil buatan China mulai digandrungi konsumen di Tanah Air. Dua merek yang terbilang sukses, ialah Wuling dan juga Dongfeng Sokon (DFSK).

Baca juga: Pantas Motor-mobil Nasional Mirip Buatan China, Ini Toh Sebabnya

Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dua perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu masuk ke dalam 10 merek roda empat dengan penjualan terbaik di Tanah Air. Wuling berada di posisi enam, setelah berhasil mendistribusikan kendaraan ke dealer sebanyak 22.343 unit dan membukukan penjualan retail 21.112 unit.

Wuling Almaz

Sedang DFSK berada di posisi 10 dengan penjualan sebanyak 3.857 wholesales, serta retail 3.260 unit. Angka-angka tersebut menjadi bukti betapa cepatnya pertumbuhan dagang merek China di pasar Indonesia.

DFSK Glory 560.
Berita Terkait
hitlog-analytic