Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dijamin Terpukau, Ini Spek Jet Tempur Rafale Incaran Menhan Prabowo

Jet tempur Dassault Rafale
Sumber :

100kpj – Sebagai upaya memperkokoh pertahanan udara, Pemerintah Indonesia berniat membeli jet tempur canggih buatan Perancis bernama Dassault Rafale. Tak tanggung-tanggung, Menteri Pertahanan atau Menhan Prabowo Subianto menyebut ada 48 unit pesawat yang siap didaratkan ke Tanah Air.

Menurut sumber internal di laman berita Prancis, LaTribune.fr, dikutip Rabu 22 Januari 2020, pembelian ini bakal diwujudkan dalam kesepakatan antar-pemerintah Perancis dan Indonesia yang diharapkan bisa dicapai dalam waktu dekat.

Baca juga: China Mengancam, Menhan Prabowo Mau Borong 48 Jet Tempur Rafale

Rafale sendiri merupakan jet tempur multirole buatan Dassault Aviation. Pesawat bermesin ganda (twin-engine) ini memiliki ciri khas sayap delta dan canard (sayap kecil) di depan bagian bawah kokpit. Lantas, seberapa hebat burung besi itu hingga Prabowo kepincut menghadirkannya ke Indonesia?

Jet tempur Rafale buatan Prancis.

Dilansir dari laman resmi Dassault-Aviation, Rabu 22 Januari 2020, Rafale memiliki tingkat aerodinamika tinggi, serta kemampuan manuver zero gravity atau G (+9 G atau -3 G) untuk kestabilan terbang. Bahkan, pesawat itu bisa menerjang udara hingga 11 G dalam keadaan darurat, dengan laju kecepatan pendaratan hingga 115 knot.

Secara dimensi Rafale sebenarnya tidak terlalu besar, namun dirasa cukup untuk mengadakan pertempuran di medan berbukit yang sulit. Panjangnya 15 meter dan tingginya 5 meter. Hebatnya, dengan ukuran yang tak terlalu besar, pesawat bisa mencapai kecepatan maksimum hingga 2.130 kilometer per jam.

Berita Terkait
hitlog-analytic