Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kecelakaan Diduga karena Fitur Autopilot Mobil Tesla, 2 Orang Tewas

Tesla Model S di IIMS
Sumber :

100kpj – Mobil listrik super canggih dari Tesla kembali merenggut korban jiwa. Tesla Model S itu mengalami kecelakaan cukup parah di Los Angeles (LA), California, Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir Autoweek, investigasi langsung dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional di Amerika.

Kecelakaan di LA yang melibatkan Tesla Model S, dilaporkan merenggut nyawa dua orang. Insiden bermula ketika Model S keluar dari Gardena Freeway menuju barat dan menabrak Honda Civic di dekat Artesia Boulevard dan Vermont Avenue.

Baca Juga: Sembunyi Dalam Peti, Mantan Bos Nissan Berhasil Kabur dari Jepang

Pria dan wanita di dalam Honda dinyatakan tewas di tempat kejadian sementara pengemudi dan penumpang Tesla dibawa ke rumah sakit terdekat dengan cedera yang tidak mengancam jiwa.

Seorang juru bicara dari agensi menolak untuk mengatakan apakah sistem bantuan pengemudi Tesla yakni autopilot digunakan pada saat kecelakaan. Sebab, sebelumnya NHTSA juga menyelidiki kecelakaan pada Tesla Model 3 2018 di Norwalk pada 7 Desember 2019.

Dalam insiden itu, Model 3 menabrak bagian belakang mobil polisi di Interstate 95 ketika pihak berwenang merespons kendaraan yang mogok di jalur tengah kiri. Pemilik Tesla mengatakan dia sedang menyalakan mode autopilot.

Sebab, dia tengah memeriksa anjingnya di kursi belakang sebelum tabrakan terjadi. Sementara itu, untuk kecelakaan Tesla dan Civic yang merenggut dua nyawa itu diduga kuat akibat fitur autopilot pada mobil Tesla tak berjalan dengan benar.

Baca Juga:
Cuma Duduk di Motor, Cantiknya Yuni Shara Sukses Bikin Gagal Fokus

Viral Aksi Nyeleneh Pemotor Usai Tabrakan dengan Mobil

Bandung Larang Penggunaan Skuter Listrik

NHTSA sendiri setidaknya sudah menyelidiki hampir selusin tabrakan yang melibat fitur autopilot Tesla. Di beberapa negara, kecelakaan akibat sistem autopilot Tesla juga pernah dilaporkan.

Sebelumnya, pada Agustus 2019, sebuah Tesla Model 3 menabrak, terbakar, dan meledak di jalan tol. Penyebabnya juga karena fitur autopilot yang tengah diaktifkan oleh pengemudi.

Berita Terkait
hitlog-analytic