Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ganti Oli Mesin Mobil Porsche Setara Beli Motor Bekas Jenis Ini

Servis Porsche
Sumber :

100kpj – Agar kondisi mobil tetap prima, dibutuhkan perawatan rutin. Salah satunya mengganti oli mesin sesuai dengan panduan buku servis. Biasanya pergantian oli dilakukan menurut jarak tempuh mobil tersebut atau waktu pemakaiannya.

Namun setiap merek mobil memiliki biaya perawatan berbeda-beda. Tergantung jenis mobil tersebut, untuk sport car atau super car, tentu menjadi model yang paling banyak menelan biaya saat melakukan servis atau perawatan rutin.

Seperti halnya mobil Porsche, untuk sekali pergantian oli mesin biaya yang dibutuhkan sport car asal Jerman tersebut mencapai Rp6 jutaan. Hal itu disampaikan langsung oleh Service Manager Porsche Indonesia, Christian Degraal.

“Pergantian oli pertama di 15 ribu kilometer atau satu tahun. Untuk biaya mengganti oli mesin bensin dan mesin diesel Rp6,5 jutaan, termasuk filter oli, jasa dan PPN,” ujarnya kepada 100KPJ beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dia menjelaskan, teknisi di bengkel resmi jasanya dihitung per jam, dan pergantian oli mesin itu membutuhkan waktu 1,5 jam. Biaya jasanya per jam Rp900 ribu, di luar dari final inspection dan kebersihan dari mobil tersebut.

Artinya biaya yang dikeluarkan untuk jasa pergantian oli di bengkel Porsche hanya Rp1,350 juta. Tapi kenapa bisa tembus Rp6,5 jutaan? Pelumas apa yang bersarang di dalam mesin sport car tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic