Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bakal Disuntik Mati, Ini Sepak Terjang Datsun di Indonesia

Logo mobil Datsun
Sumber :

100kpj –  Saat hadir di Tanah Air, merek mobil Datsun yang berada di bawah naungan PT Nissan Motor Indonesia memang mengincar segmen Low Cost Green Car (LCGC). Pertama kali hadir model yang dijual hanya GO dan GO+.

Pada 2016 lalu menjadi penjualan tertingginya. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, penjualan Datsun pabrik ke diler pada tiga tahun terakhit itu mencapai 24.968 unit yang disumbang dari dua model.

Sangat besar untuk merek mobil yang sempat diragukan akan sistem keselamatannya karena tidak lolos saat uji tabrak oleh Asean NCAP. Berkat penjualannya yang tembus di atas 20 ribu unit, Datsun berada di posisi keenam dari daftar merek terlaris. 

Datsun Go Panca.

Namun memasuki 2017 penjualan wholesalesnya mulai merosot hingga 50 persen atau menjadi 10.484 unit. Nah demi mendongkrak eksistensinya, Datsun memberikan penyegaran untuk GO+ dan GO di 2018 yang dilengkapi transmisi matik CVT. 

Sebab selama bertarung di pasar, kedua mobil LCGC tersebut hanya ditawarkan transmisi manual. Tapi kerja kerasnya terbilang sia-sia, karena dengan varian GO dan GO+ yang lebih banyak penjulannya hanya 8.045 unit sepanjang tahun lalu.

Selain memberikan penyegaran pada kedua model andalannya itu, Datsun juga merilis produk terbaru di tahun lalu, yakni Cross. Datsun Cross diposisikan bukan LCGC, dan mulai dijual dari Maret 2018 dengan torehan 2.293 unit sampai akhir tahun lalu.

Berita Terkait
hitlog-analytic