Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Nissan Angkat Suara Soal Nasib Datsun di Indonesia

Ilustrasi Datsun
Sumber :

100kpj – Nissan Motor Company akan melepas merek Datsun secara global dari anggota aliansinya. Hal tersebut dilakukan karena penjualan Datsun tidak menguntungkan di beberapa negara, seperti di Indonesia, Rusia, Afrika Selatan dan India.

Bahkan pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat akan menghentikan produksi Datsun di awal 2020. Produk yang akan disetop produksinya di awal tahun depan adalah GO dan GO+, sedangkan Cross sejak Juli 2019 sudah tidak diproduksi.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan, Nissan menghentikan produksi Datsun GO dan Datsun GO+ di Januari 2020, karena penjualan dibawah skala ekonomi.

”Informasi sementara yang kami terima, Nissan akan mengubah strategi bisnisnya di Indonesia sesuai dengan arah perkembangan pasar otomotif di Indonesia,” ujarnya kepada 100kpj.com, Selasa 26 November 2019.

Menanggapi hal tersebut, Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia sebagai agen pemegang mereknya, Hana Maharani mengatakan, Nissan akan terus berkomitmen kepada pasar dan pelanggan di Indonesia.

Terkait alasan penghentian produksi Datsun, Hana hanya menjelaskan bahwa pabrik Nissan yang berlokasi d Purwarkarta akan lebih dioptimalkan lagi. Entah dari sisi fasilitas atau penggunaan jalur produksinya, namun dia menyebut hal itu dilakukan karena perubahan strategi bisnis.

“Rencana optimalisasi kami meliputi penyelarasan operasi bisnis dan organisasi, termasuk optimalisasi produksi. sebagai bagian dr rencana ini, kami melakukan sejumlah langkah yg memastikan pertumbuhan kami di masa depan,” tutur Hana kepada 100KPJ

Berita Terkait
hitlog-analytic