Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Duh, Penjualan Xpander Makin Tertinggal dari Avanza

Mitsubishi Xpander dan CEO MMC
Sumber :

100kpj – Sejak mengisi pasar mobil keluarga 2017 lalu, Mitsubishi Xpander berhasil membius masyarakat berkat desainnya yang berbeda. Mobil yang dapat mengangkut tujuh penumpang itu menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di Tanah Air. 

Bahkan hanya Xpander yang menjadi satu-satunya mobil yang pernah melengserkan Toyota Avanza sebagai mobil terlaris. Namun bulan madu Xpander tidak berjalan mulus, memasuki awal 2019 Toyota merilis Avanza dengan sejumlah penyegaran.

Sejak saat itu, mobil berjenis Low Multi Purpose Vehicle (MPV) milik Mitsubishi tidak mampu membendung kedigdayaan Avanza sebagai mobil sejuta umat. Pasalnya, Xpander harus berkali-kali bertekuk lutut dengan Low MPV andalan Toyota tersebut.

Seperti yang terlihat dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Januari sampai September 2019, penjualan Avanza dari pabrik ke diler mencapai 65.146 unit, dan Avanza tipe 1.3 G manual masih penyumbang terbanyak, yakni 25.276 unit.

Sedangkan Xpander dalam periode yang sama terjual 48.195 unit. Tapi menariknya model terlaris bukan di kelas menengah seperti Avanza, namun tipe Ultimate matik yang merupakan varian tertinggi Xpander, dengan menyumbang penjualan 21.378 unit.

Menilisik data penjualan per bulan, Avanza lagi-lagi lebih unggul karena pencapaiannya pada September 2019 sebanyak 9.476 unit. Xpander di bulan yang sama hanya terjual 4.407 unit menduduki peringkat kedua, posisi ketiga ada Daihatsu Xenia 1.919 unit.

Berita Terkait
hitlog-analytic