Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenapa Air Hujan Bisa Berefek Buat Rem?

Polisi Tidur
Sumber :

100kpj – Pada musim hujan seperti saat ini tentu banyak jalan yang tergenang air. Ternyata ini bisa punya efek langsung maupun tak langsung pada pengereman. Kondisi seperti ini dapat mengganggu kinerja pengereman karena kemampuan cengkraman kampas rem dapat menurun setelah terendam.
 
Meski konstruksi sistem rem sudah dilengkapi dengan karet dan seal pelindung namun tetap saja ada pengaruhnya. Efek jangka pendek, setelah melewati genangan air maka rem akan terasa blong sesaat.

Seperti dikutip AstraWorld, untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengendara antara lain adalah injak pedal rem setengah dari posisi full dengan kondisi mobil yang tetap berjalan setelah melewati genangan air dengan tujuan agar kampas rem, rotor disc dan tromolnya cepat kering. Sehingga saat menggunakan rem berikutnya sudah normal dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Efek jangka panjangnya yang dapat ditimbulkan adalah rem macet dan lengket, di mana kampas rem menempel secara terus menerus pada rotor disc dan tromol sehingga putaran roda tertahan. Hal ini disebabkan karena piston yang ada di caliper selalu menekan kampas rem dan tidak mau kembali ke posisi semula, sehingga posisi pengereman seolah-olah pedal rem ditekan terus.

Di sisi lain, pelek yang posisi remnya macet akan cepat panas karena gesekan yang terus menerus saat jalan pada kampas rem dan rotor disc atau tromolnya. Untuk gejala awal rem yang macet biasanya saat kendaraan berjalan akan mengeluarkan bunyi. Untuk antisipasi agar tidak sampai terkunci rodanya, segeralah dibawa ke bengkel untuk perbaikannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic